No Deal, No Problem

No Deal, No Problem

Mau share sedikit, beberapa hari yang lalu saya baru saja membatalkan sebuah peluang akuisisi lahan yg sedang saya coba garap bersama dengan seorang sahabat utk perumahan FLPP…

 


Kenapa saya batalkan, padahal tidak sedikit waktu, uang dan tenaga sudah dikeluarkan?
Alasan utamanya adalah keamanan. Bisnis properti terutama di bidang Developer Properti merupakan bisnis yang padat modal dan resiko cukup tinggi. Oleh karenanya butuh perjuangan dan kehati2an di awal proyek. Salah langkah, bisa berarti kehancuran bagi bisnis dan diri Anda.

Di status yang singkat ini, saya ingin berbagi beberapa hal yang benar2 harus diperhatikan ketika proses akuisisi lahan berlangsung:
1. Lahan harus dipastikan legalitasnya. SHM, AJB, Girk atau apa pun itu lakukan cek dan ricek dengan teliti (pada fase ini Alhamdulillah tidak bermasalah)

2. Lakukan survei dengan seksama. Kondisi lahannya, lingkungan sekitarnya. GSBnya jika dekat jalan, GSSnya jika dekat kali atau sungai besar. Perlu urugan atau tidak, ada pemukim liar atau tidak. (fase ini pun bisa saya lalui)

3. Negosiasi mengenai pengalihan hak. Sebagai developer sudah tentu kita akan melakukan yang namanya pengaturan cash flow. Bayar bertahap atau hot deal menjadi skema terbaik kita. Akan sangat mahal sekali jika proses akuisisi lahan kita lakukan dengan pembayaran full di awal. Modal awal yang kita miliki biasanya dibagi untuk: Pembayaran DP lahan, perijinan, desain, pemasaran, dan pembangunan infrastruktur dan unit rumah contoh. Di tahap ini negosiasi saya berjalan lancar.

Sayangnya ketika masuk ke pembicaraan, setelah kita membayar DP, pemilik lahan tidak bersedia melakukan balik nama lahannya kepada pihak developer. Nah ini jadi sulit dan tentunya jika proyek ini mau dilanjut ya kudu harus musti membayar cash lahannya…hehehe ini menjadi tidak menarik, karena butuh modal besar di awal..akhirnya setelah berbincang cukup lama, saya putuskan let’s move to another site….

Insya Allah masih banyak peluang di luar sana….alhamdulillah walau letih namun banyak sekali pelajaran yang di dapat…eh ternyata berbuah ada opportunity baru…..Bismillah…semoga next lebih baik…

Ada yang punya lahan nganggur? yuk kita garap bareng

Ada yang punya dana nganggur? yuk sinergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *